Teken MoU dengan RRI Sumenep, Prodi Magister Ekonomi Syariah Bakal Isi Program Mozaik Indonesia

INSTIKA Kamis, 6 Juni 2024 12:03 WIB
143x ditampilkan Berita RRI Sumenep Pascasarjana UA

Guluk-guluk, Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah (ES) menjalin kerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Sumenep dalam program siaran Mozaik Indonesia. Ketua Prodi Magister ES, Dr. H. M. Tajus Subqi, S.E, M.M menjelaskan, program ini didesain sedemikian rupa oleh pihak RRI. Kerja sama ini terhitung dari Juni sampai bulan Desember 2024.

“Program Mozaik Indonesia dikemas talkshow dengan durasi waktu 30-45 menit. Kemudian dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan pemirsa by phone dan chat yang ada di kolom komentar. Berbeda dengan program Gathering yang saya hadiri pada hari ini. Program ini terdiri dari dialog dengan narasumber, pagelaran-pagelaran seni dan hiburan yang menarik dengan mengundang mitra guna menjalin silaturrahim, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan,” ujarnya saat dikonfirmasi usai menghadiri Gathering RRI di Aula Pertemuan RRI Sumenep, Rabu (05/06/2024).

Sebenarnya dosen program Pascasarjana dan dosen strata 1 di Universitas Annuqayah, khususnya Prodi ES sudah mengisi program tersebut sebanyak 3 kali setiap Jumat sore, tepatnya pukul 15.00-16.00 Wib. Artinya, adanya Memorandum of Understanding (MoU) ini untuk melegalkan ikatan kerja sama yang sudah terjalin sejak dulu.

Diceritakan, kerja sama ini diawali saat dirinya diminta menjadi narasumber pada program Ngulik dengan sub tema ‘Investasi di Pasar Modal Syariah’. Program tersebut diinisiasi oleh Madrasah Moderasi Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep yang bekerjasama dengan RRI Sumenep.

"Bermula Direktur Madrasah Moderasi LPTNU Sumenep, Dr. H. Damanhuri, M.Ag yang kebetulan juga menjabat Direktur Pascasarjana UA meminta saya untuk mengisi acara program Ngulik. Dari sanalah awal mula dosen UA berpartisipasi pada acara tersebut," tuturnya.

Pasca acara tersebut, lanjutnya, esok hari ia dihubungi pihak RRI untuk menjalin kerja sama terkait program ini dengan tema besar ‘Peningkatan Investasi’. Berhubung sub tema ini dirasa tidak cocok dengan program Ngulik, pihak RRI menempatkan program tersebut pada program lain, yakni program Mozaik Indonesia.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sudah berjalan 2 kali setiap Jumat sore, pukul15.00-16.00 Wib. Langkah berikutnya, tinggal melanjutkan program Mozaik Indonesia di RRI Sumenep dengan menyediakan akademisi-akademisi program Pascasarjana UA yang kompeten di bidangnya yang bersedia menjadi narasumber di program tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskan, kerja sama ini merupakan simbiosis mutualisme yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Benefit yang didapat dari kerja sama ini antara lain: edukasi dan sosialisasi program yang sampai ke masyarakat, terlaksananya sosialisasi perguruan tinggi khususnya program Pascasarjana, serta civitas akademika khususnya para dosen yang menjadi narasumber atau pengisi acara.

“Saya berharap masyarakat tambah melek dunia ekonomi, keuangan dan investasi. Selain itu, dosen di Universitas Annuqayah bisa lebih kompeten dan kredible. Sedangkan RRI dan UA semakin eksis, maju dan jaya,” tandasnya.

Pewarta: Firdausi