Gelar Halal Bihalal dan Kuliah Umum, Direktur Pascasarjana Universitas Annuqayah: Regulasi Pesantren Diharap Jadi Tema Riset Alternatif

INSTIKA Ahad, 12 Mei 2024 15:02 WIB
174x ditampilkan Berita Pascasarjana Universitas Annuqayah

Guluk-guluk, UA- Pascasarjana Universitas Annuqayah menggelar Halal Bihalal dan Kuliah Umum bersama Dr. Anis Masykhur, S.Ag. M.A, Kasubdit Pendidikan Kesetaraan Dit. PD Pontren Kemenag RI di Aula KH Abdul Basith AS, Ahad, 12 Mei 2024.

Kegiatan dengan tema "Arah Pembangunan Pesantren di Indonesia dalam Konteks Regulasi" ini dihadiri oleh Pimpinan Universitas Annuqayah, Karyawan dan Dosen Pascasarjana serta Mahasiswa Pascasarjana Universitas Annuqayah.

Diketahui, kegiatan ini dipandu oleh Dr. Damanhuri M.Ag, Direktur Pascasarjana Universitas Annuqayah kemudian pemaparan materi oleh Dr. Anis Masykhur, S.Ag. M.A secara virtual.

Dr. Damanhuri M.Ag, Direktur Pascasarjana Universitas Annuqayah dalam sambutannya memberikan penjelasan tentang perjalanan Pascasarjana  Universitas Annuqayah.

“Program pascasarjana sudah diinisiasi sejak tahun 2012. Tetapi kita juga akan menyambut program studi baru Ekonomi Syariah dan mulai akan kita kuliahkan di semester ganjil yang akan datang. Program Studi Pendidikan Agama Islam Studi Kepesantrenan sudah mendapatkan pasangan yaitu Magister Ekonomi Syariah,” katanya.

“Program pascasarjana Universitas Annuqayah sudah direakreditasi pada tahun 2022 dan mendapatkan predikat baik sekali. Artinya, pengelolaan pascasarjana ini dilakukan secara serius dan bertanggung untuk menjamin kualitas mutu pendidikan tinggi di kampus Annuqayah,”

Pak Daman, sapaan akrabnya berharap beberapa riset kepesantrenan di Pascasarjana Universitas Annuqayah bisa terus ditingkatkan, terutama bagaimana agar bisa juga menyentuh soal regulasi pesantren di Indonesia.

“Kajian riset yang menarik terutama untuk kajian-kajian yang lokal. Tetapi dari semua itu, masih minim mahasiswa yang melakukan riset soal regulasi pesantren. Makanya menarik kita simak nanti dari pemateri sekaligus nanti bisa menjadi riset alternatif yang bisa diteliti oleh mahasiswa dari berbagai aspeknya,” pungkasnya.

 

 

Lampiran