Prodi PBA Hadiri Rakerda Kopertais Wilayah IV Surabaya

INSTIKA Selasa, 27 Februari 2024 12:17 WIB
306x ditampilkan Berita Prodi PBA Kaerda Kopertasi

Guluk-Guluk – INSTIKA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) ikuti kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dihelat oleh Forum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (FPS PBA) Kopertais Wilayah IV Surabaya yang dipusatkan di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malam (UMM), Jumat-Sabtu (23-24/2/2024).

Ketua Prodi PBA, Moh Ali Qorror Al-Khasy, M.Hum menjelaskan, selama mengikuti kegiatan tersebut, pihaknya bisa melakukan pembenahan kurikulum, penyesuaian Mata Kuliah (Makul) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) serta membangun kerja sama dengan Prodi PBA di kampus lain dan internasional dengan Arabic Researcher ID (ARID).

Baginya, Rakerda berdampak positif pada pengembangan Prodi, terutama dalam pembenahan kurikulum PBA dan realisasi jalinan kerja sama dengan prodi PBA di kampus swasta se-Jawa Timur, serta kerja sama internasional.

“Acara ini juga menjadi ajang silaturrahim dan konsolidasi antarprodi PBA di Jawa Timur guna menjadi Prodi yang unggul,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Ia melaporkan bahwa pasca Rakerda, bakal direncanakan membahas beberapa Agenda utama, antara lain: review kurikulum KKNI menuju OBE MBKM, review instrumen akreditasi LAMDIK unggul, dan MoU antara Prodi PBA di bawah naungan FPS PBA Kopertais Wilayah IV Surabaya dengan Platform ARID Scientific.

“Melalui wadah itu, seluruh Prodi PBA di lingkungan Jawa Timur dapat mengembangkan pengembangan penelitian ilmiah, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM),” tandasnya.

Gus Qorror  sapaannya menegaskan, dirinya menghadiri kegiatan tersebut, tidak sekedar pelengkap, tapi hadir sepenuhnya untuk mewarnai dan berkontribusi sebagai wujud kesadaran berilmu dan berorganisasi.

“Mohon dukungan, bimbingan, dan arahannya. Kami berharap, kehadiran saya dalam Rakerda ini bisa memberi manfaat bagi perguruan tinggi dan lulusan,” tandasnya.

Pewarta: Firdausi