TANAM JIWA WIRAUSAHA MELALUI “BUSINESS DAY”
INSTIKA1097x ditampilkan Galeri Berita
Guluk-Guluk - Instika - Setelah mengadakan Training Kewirausahaan empat hari yang lalu (sebagaimana telah diberitakan), mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Instika semester V-E mengadakan pembuatan dan pemasaran produk dengan tema “Business Day” di halaman kampus putri KH. Abdullah Sajjad, Sabtu-Ahad (3-4/12/2016).
Acara yang melibatkan seluruh mahasiswi jurusan ES mulai dari semester 1-5 ini merupakan praktik dari materi Manajemen Pemasaran.
“Acara ini bertujuan, sebagaimana yang diinginkan dosen kami dan pimpinan, ingin memberikan wadah kepada teman-teman Eknomi Syariah untuk menjadi mahasiswi yang kreatif, terutama dalam bidang pembuatan produk dan pemasaran,” ungkap Nur Azizah Erfan, mahasiswi ES V-E, yang menjadi Ketua Panitia dalam kegiatan ini.
Acara “Business Day” yang baru pertama kali diadakan di lingkungan Instika ini mendapat sambutan baik dari seluruh civitas akademika Instika. Wakil Rektor I Dr. Ach. Maimun, M.Ag., menyampaikan dukungannya dan mengharapkan acara semacam ini dapat mencetak mahasiswa pengusaha bukan mencetak karyawan perusahaan.
Kalangan mahasiswi menyambutnya dengan antusias sehingga acara menjadi sangat meriah. Faizah Kosmi mahasiswi ES semester III-F mengatakan sangat suka dengan acara ini. “Saya sangat senang sekali dengan acara ini, karena bisa menambah pengetahuan dan pengalaman juga kreativitas dalam pemasaran,” ujarnya.
Produk yang dipasarkan dalam “Business Day” ini dibagi menjadi dua, yaitu produk unggulan dan pendamping. Kelas ES I-D memasarkan produk unggulan berupa aksesoris rambut dan jilbab. Sementara produk pendamping adalah arloji, rujak, naga sari, pentul panjang, sate usus, dan pentol bulet. Dilaporkan, dari sekian produk yang dipasarkan, aksesoris jilbab yang paling laku. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini dapat dilihat pada tabel produk dan penjualan “Business Day”, berikut:
Kelas I-D
Produk Unggulan |
Aksesoris rambut dan jilbab |
Produk Pendamping |
Arloji, rujak, naga sari, pentul panjang, sate usus, dan pentol bulet |
Paling Laris |
Aksesoris rambut dan jilbab |
Kelas I-E
Produk Unggulan |
Tahu, tahu bakar, dan sate bunga |
Produk Pendamping |
pentol, makroni, sosis, dan snack |
Paling Laris |
Tahu bakar |
Kelas I-F
Produk Unggulan |
Tahu balado |
Produk Pendamping |
Aksesoris, ladrang, kacang, rujak, dan air |
Paling Laris |
Tahu balado |
Kelas III-E
Produk Unggulan |
Korket ceria |
Produk Pendamping |
Ladrang, pastel, tahu bulet, dan es manis |
Paling Laris |
Korket ceria |
Kelas III-F
Produk Unggulan |
Teote manja |
Produk Pendamping |
Mie nendang, kerudung, rujak makjozz, tembleng |
Paling Laris |
Teote manja |
Kelas V-D
Produk Unggulan |
Krispi soby |
Produk Pendamping |
Krupuk pentol, ladrang tenggiri, kripik tenggiri, aksesoris |
Paling Laris |
Krispi soby |
Kelas V-E
Produk Unggulan |
Stik pisang coklat |
Produk Pendamping |
Pentol, gabin, bak-dabak, kentucky |
Paling Laris |
Kentucky |
Kelas V-F
Produk Unggulan |
Pentol puyu |
Produk Pendamping |
Siwalan es, pentol, chees banana, snack, dan tahu bunga |
Paling Laris |
Pentol puyu |
Konsumen dari produk yang dijual adalah kalangan mahasiswa/i, dosen, karyawan, dan pekerja bangunan di Instika. Untuk memberikan suport, beberapa dosen seperti Bapak Riza Anami, M.Ag., dan Ny. Arina Haqan, M.EI memborong beberapa produk yang disukainya.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Ahmad Majdi Tsabit, S.EI., M.M., mengharapkan acara “Business Day” ini dapat dilaksanakan setiap tahun guna menumbuhkan semangat berwirausaha mahaiswa/i. (Masykur Arif/LP2D)
Fotografer: Masykur Arif