REKTOR INSTIKA RESMI BUKA BMSI DAN GALERIA INSTIKA

INSTIKA Ahad, 25 September 2016 15:00 WIB
649x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk – Instika – Rektor Instika, Drs. K.H. Abbadi Ishomuddin, M.A., meresmikan dan membuka BMSI (Bank Mini Syariah Instika) dan Galeria Instika, di halaman BMSI, Ahad, 25 September 2016. Peresmian dan pembukaan ini disimbolkan dengan menggunting pita bunga oleh Rektor di depan pintu BMSI dan Galeria Instika.

Dalam peresmian dan pembukaan  tersebut, Rektor didampingi dan disaksikan oleh Pengurus Yayasan Pesantren Annuqayah, beberapa pengasuh Annuqayah, Wakil Rektor, perwakilan Bank Mandiri Syariah, dan dosen serta perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan di Instika.

Tujuan didirikannya BMSI dan Galeria Instika yang merupakan minimarket, selain sebagai tempat pengembangan usaha juga untuk dijadikan laboratorium mahasiswa dan mahasiswi Instika dalam meneliti dan mempraktikkan ilmu ekonomi dan bisnis Islam yang dipelajarinya. Demikian ungkap Direktur PUSAKA (Pusat Studi Wirausaha Instika), H.M. Tajus Subqi, S.E., M.M., dalam sambutannya di acara peresmian dan pembukaan tersebut.

Menurut H.M. Tajus Subqi, BMSI dan Galeria Instika berada di bawah naungan PUSAKA. Selain dua lembaga tersebut, PUSAKA juga membawahi GI BEI (Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia) Instika dan Cafetaria/Kantin Instika. “Semua tempat wirausaha Instika ini dapat dijadikan lahan penelitian, praktik, dan pengembangan di bidang bisnis dan ekonomi Islam,” sambungnya.

Tidak jauh beda dengan penyampaian Direktur PUSAKA, Manajer BMSI, Matnin, S.H.I., M.E.I., dalam sambutannya menyampaikan bahwa didirikannya BMSI tidak lepas dari tiga landasan: (1) landasan teologis, yakni Islam melarang riba. (2) ilmu pengetahuan (sains), maksudnya selain tempat usaha juga sebagai tempat pengembangan ilmu keislaman. (3) ekonomi syariah, artinya BMSI dapat menjadi lokomotif ekonomi syariah.

“Dengan adanya BMSI, mahasiswa Instika, selain mendapatkan kartu mahasiswa juga nanti akan mendapatkan kartu kredit yang dikeluarkan BMSI, dan mahasiswa bisa melakukan transaksi di seluruh bank di tanah air dan koperasi yang bekerjasama dengan BMSI,” lanjutnya.

Sementara itu, K.H. Abbadi Ishomuddin, M.A., selaku Rektor Instika, dalam sambutannya mengaharapkan BMSI setelah diresmikan dan dibuka tidak jalan ditempat. Artinya, BMSI terus mengalami kemajuan. Karyawan, dosen, dan mahasiswa Instika diharapkan mendukung dan bermitra dengan BMSI dalam berusaha dan berbisnis.

“Dari dibukanya BMSI ini diharapkan pendapatan karyawan dan dosen Instika tidak hanya melulu diperoleh dari gaji pokok dan tunjangan, melainkan juga dihasilkan dari laba yang disimpan dan dikembangkan oleh BMSI. Dari sini pula diharapkan karyawan dan dosen Instika semakin sejahtera,” ungkapya. (Masykur Arif/LP2D)

 

Fotografer: Khairul Anam, S.Sy.